Sabtu, 28 Maret 2020

15 MANTRA HARRY POTTER | Ingin coba yang mana?



Hallo Potterhead! (Sebutan untuk penggemar Harry Potter) Ada yang suka Harry Potter? Punya bukunya atau sudah nonton filmnya? Kalau saya tidak punya bukunya, hanya saja tertarik pada filmnya; bukunya mahal huhuhu L. Dari novel fenomenal terkenal sedunia kemudian diangkat menjadi beberapa serial film, Harry  Potter yang ditulis oleh J.K Rowling kelahiran Inggris.



Banyak banget mantra-mantra dalam film Harry Potter yang menurut saya dibuat oleh Sang penulis dengan se-kreativ mungkin. Siapa yang habis nonton filmnya langsung ambil pensil, sapu, tongkat, kemoceng lalu mengucapkan mantra-mantra Harry Potter dan berharap ada keajaiban mantra tersebut  berhasil?



Sihir terjadi jika tongkat digerakan dengan suatu gerakan tertentu oleh tokoh ditambah mantra yang diucapkan. Nama-nama mayoritas mantra yang diucapkan dalam film ini adalah berasal dari Bahasa klasik, khususnya Bahasa Latin. Nama-nama ini tidak memiliki tata bahasa yang benar dan sesuai dalam Bahasa apapun. Frasa yang diucapakan mirip dengan kata-kata lain yang artinya hampir mirip, tapi tidak benar-benar menggunakan frasa itu sebagaimana mestinya.  Mantra Harry Potter benar benar terkenal dan membuat kita seolah terhipnotis ingin mencobanya.

IMDb.com

Mantra dalam Harry Potter tak jarang dipakai di dunia nyata oleh beberapa orang. Entah berfungsi nyata atau tidak, tapi saya pernah mencobanya dan tidak terjadi suatu hal apa pun :D. Apalah daya kita kan hanya muggles (sebutan untuk non magic people). Nah, kamu penasaran gak sih sama mantra-mantra itu? Atau ingin mencobanya, siapa tau berhasil ditanganmu dan dapat undangan untuk bersekolah di Hogwarts. Tapi hati hati dengan Voldemort ya, takut hidup lagi hihi. Ini dia beberapa mantra Harry Potter, beberapa sedih, beberapa lucu, beberapa menakjubkan, beberapa membuat kita mengulang memori. Check this out!

1. Alohomora


Mantra yang digunakan untuk membuka atau  menutup pintu. J.K Rowling mengatakan  bahwa kata itu berasal dari dialek Sidiki Afrika Barat yang digunakan dalam geomansi dan memiliki arti harfiah untuk pencuri. Dipakai pertama kali oleh Hermione dalam Harry Potter dan Batu Bertuah.

2. Accio

Mantra ini memiliki fungsi untuk mengambil benda yang jaraknya dekat dengan tongkat si penyihir. Berasal dari kata Latin berarti "saya sebut" atau "Aku memanggil/mengambil".

Wah bisa dicoba nih kalo kamu mau makan tapi lupa ambil gelas, padahal udah diisi air gelasnya. Kalo males, pake mantra ini aja.

3. Aparecium

Mantra ini membuat tinta tak terlihat agar terlihat. Appareo merupakan kata Latin yang berarti "untuk menjadi terlihat atau tampak".

4. Avada Kedavra


Kutukan penyebab kematian yang cepat kepada korban (Dengan pengecualian oleh Sirius Black, yang tinggal sesaat ketika diserang Bellatrix Lestrange dalam Film ke-5). Ini adalah salah satu dari tiga "Kutukan Tak Termaafkan", penggunaan mantra ini pada manusia lain dapat memperoleh hukuman seumur hidup di Azkaban. 

Ini adalah mantra kuno dalam bahasa Arab (Aramia), dan merupakan asli kata dari Abrakadabra, yang berarti "biarkan hal itu dihancurkan". Awalnya, ia digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan "sesuatu" yang sakit, tetapi Rowling memutuskan untuk membuatnya menjadi "sesuatu" yang merenggut dari orang yang dihadapan. Hih ngeri ya.



5. Expecto Patronum



Mantra yang digunakan untuk melindungi diri dari para dementors. Dari bahasa Latin yang artinya ‘aku minta perlindungan’.  Untuk bisa menggunakan mantra ini, penyihir harus memiliki satu kenangan bahagia yang mampu membuatnya mengalahkan ketakutan dan kesedihan yang akan muncul saat berhadapan dengan Dementor.

Mantra ini sangat saya ingat karena mudah dihafal dan diucapkan, juga untuk mengalahkan seluruh ketakutan dan kesedihanmu, kamu hanya membutuhkan satu momen paling bahagia dalam hidupmu, itulah yang diajarkan dari mantra ini. Coba lihat video, Harry ganteng banget ya di sini.

6. Expulso

Mantra yang menyebabkan sesuatu meledak. Dari bahasa Latin expulso, yang artinya 'meledak’.

7. Imperio

Menghasilkan semburan nyala api yang melayang. Berasal dari bahasa Latin incendo yang berarti ‘membakar’.

8. Levicorpus

Mantra untuk menggantung terbalik korban di salah satu pergelangan kakinya. Diciptakan oleh Severus Snape. Berasal dari bahasa Latin levo yang berarti ‘menaikkan’ dan corpus yang berarti ‘tubuh’.

9. Lumos


Membuat sinar cahaya yang bersinar dari ujung tongkat. Sedangkan untuk mantra pembaliknya (mematikan) adalah nox. Berasal dari bahasa Latin lumen yang artinya ‘cahaya’. 

10. Reducto

Memungkinkan penyihir meledakkan benda padat. Berasal dari bahasa latin reductio (restorasi).

11. Reparo




Mantra untuk memperbaiki sesuatu yang rusak. Dari bahasa Latin reparo (memperbaiki). Contohnya saat Hermione memperbaiki kacamata Harry seperti di video.. Kamu bisa coba kalo kacamata kamu rusak, siapa tau berhasil?

12. Sectumsempra




Dengan keras melukai target, digambarkan sebagai seolah-olah subjek telah "memangkas korban dengan pedang". Dibuat oleh Severus Snape. Berasal dari Latin secrum (memotong) dan semper (selalu)

13. Silentio

Membuat subjek yang terkena mantra ini tidak dapat mengeluarkan suara. Berasal dari bahasa Italia silenzio yang artinya ‘diam’.

14. Wingardium Leviosa




Gemesh saat Hermione mengajarkan mantra ini ke Ron Weasley. Mantra ini untuk mengangkat/melayangkan benda. Berasal dari bahasa Inggris wing (sayap), Latin arduus (tinggi) dan levis (ringan).

15. Ridikkulus




      Sebuah mantra digunakan ketika memerangi Boggart, "Riddikulus" memaksa Boggart untuk mengambil penampilan objek yang di atasnya pemantra adalah berkonsentrasi. Ketika digunakan dengan benar, ini akan menjadi bentuk lucu. Dari bahasa Latin ridiculus (aneh).


Gimana menurut kamu, Mba Rowling kreativ banget ya bikin mantra-mantra yang kedengeran asing di telinga? Dari 15 mantra di atas, mana yang ingin banget kamu coba? Comment di bawah ya!


Share, jika kalian merasa artikel ini berguna, jangan lupa tinggalkan jejak di bawah. Saran kalian sangat berguna untuk blog ini menjadi lebik baik. Terima kasih telah membaca. Jaga kesehatan ya.
Previous Post
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

0 komentar: