Rabu, 07 Desember 2022

KULIT KERING DAN CARA MERAWATNYA

Halo guysss… Siapa di sini yang kulit tangan dan kakinya kering? Sebagai wanita, pasti kita pengen tampil dengan kulit yang sehat, dan kulit kering emang nyebelin banget karena keliatannya jadi kusam dan bikin tampilan kurang cantik. Udah pake handbody tapi rasanya kulit masih suka kering gitu, nah itu keadaan kulit aku dulu. Buat kalian yang kondisi kulitnya sama kayak aku, selamat kalian berada di artikel yang tepat! Karena kali ini aku mau sharing tentang struggle aku mengenai kulit kering dan tips-tips agar kulit lebih sehat lembab.

istockphoto.com

Penyebab dan Tanda-Tanda Kulit Kering

Berdasarkan artikel halodoc (2021), dalam dunia medis kulit kering disebut xerosis. Kulit kering biasanya mengalami kekurangan air dan lipid pada lapisan luar kulit, yaitu epidermis. Akibat kekurangan lapisan pelindung ini, kulit menjadi kehilangan kemampuannya untuk menahan air. Kulit kering yang dibiarkan saja dan tidak dirawat dengan benar bisa membuat kulit semakin parah, beberapa kondisi kulit kering biasanya ditandai dengan;

  • Pecah-pecah atau bersisik
  • Mengelupas, beberapa kondisi bahkan sampai berdarah
  • Kasar saat disentuh
  • Munculnya garis-garis halus
  • Terlihat kusam

Faktor dari terjadinya kulit kering bisa disebabkan oleh kondisi tertentu atau kebiasaan kita sehari-hari, seperti dehidrasi, paparan sinar UV, pemakaian sabun atau detergen, cuaca dingin, obat-obatan, sampai usia. Sedangkan berdasarkan pengalaman yang aku rasakan, kulitku menjadi sangat kering dan beberapa kali sel kulit halus lapisan luarnya mengelupas setelah mencuci piring, habis mandi, dan terlalu lama di ruangan ber-AC atau cuaca yang dingin. Gak hanya kulit tangan dan kaki aja, tapi kulit di sekitaran kuku atau kutikula juga sering kering dan sering mengelupas.


Tips Merawat Kulit Kering

Berdasarkan pengalamanku merawat kulit kering di tangan, kaki, dan kulit sekitar kuku, aku selalu menerapkan beberapa hal di bawah ini untuk mencegah kulit kering dan agar kulitku lebih sehat :

        1. Rutin minum air putih 

        Asupan air putih yang cukup bisa membantu kulit menjadi lebih sehat dan menjaga elastisitasnya.         Pada intinya, jangan sampai tubuh kamu mengalami dehidrasi, karena hal itu akan membuat sel di         dalam tubuh kekurangan cairan sehingga kulit mudah kering.

        2. Scrub kulit seminggu sekali

        Gunakan scrub dengan butiran yang tidak terlalu kasar agar tidak menyakiti kulit. Menurutku                scrub ini lumayan penting karena selain membuat kulit lembut, tapi juga mengangkat sel kulit                mati sehingga meregenerasi kulit dan membuat kulit jadi lebih lembab.

c.                   3. Makan buah dan sayuran

        Kulit tidak cukup jika hanya dirawat dari luar saja. Sangat penting untuk memberi nutrisi kulit dari         dalam dengan makan buah dan sayur yang cukup. Buah dan sayur tidak boleh kamu lewati jika            ingin menjaga bahkan memperbaiki kulit yang tidak sehat atau kering.

d.                 4. Gunakan handbody setelah mandi

        Tips satu ini jangan sampai terlewat, handbody atau lotion penting sekali untuk menutrisi kulit kita         dari luar. Aku saranain kalian pakai handbody yang ada kandungan aloe veranya karena aloe vera            bisa memberi sensasi sejuk, lembab, menenangkan, dan untuk kulit kering sekalipun. Tahun ini            aku suka banget pakai handbody Vaseline Intensive Care Aloe Soothe, yang ternyata aku jatuh                cinta sejak pemakaian pertama guys <3.


        Sesuai dengan klaimnya “Restores and soothes dry skin”, handbody dari Vaseline ini cocok banget         buat keadaan kulit aku, menjaga kulit lembab sepanjang hari. Teksturnya lotion lightweight gitu            dan yang aku suka lotion ini ringan banget, gak lengket, dan cepat meresap. Salah satu yang aku            suka dari manfaat produk ini selain mengunci kelembaban, dia juga bikin kulit keliatan berkilau            dan gak kusam. Aku biasanya pakai handbody Vaseline ini setelah mandi, rekomendasi banget                buat kalian yang punya kulit kering kayak aku.

e.                  5. Gunakan petroleum jelly sebelum tidur

             Kandungan alami yang terdapat di petroleum jelly mampu memperbaiki kulit yang sangat kering.           Petroleum Jelly bisa dipakai di berbagai bagian kulit, seperti tumit, sikut, bahkan kuku dan bibir           sekalipun. Saat ini sangat mudah untuk kalian membeli petroleum jelly karena ada Vaseline                   Repairing Jelly yang komposisinya 100% dan dijual di berbagai e-commerce maupun mini market.

             Aku saranin kalian pakai produk ini sebelum tidur aja, karena akan lengket dan gak nyaman kalau           dibawa beraktifitas. Aku sendiri udah lama banget pakai petroleum jelly sejak SMK dan produknya        awet banget, jadi cocok buat kalian yang mau hemat, karena produk ini multifungsi.

       Itu dia sharing dari aku tentang kulit kering dan sedikit tipsnya. Pada dasarnya kulit kering harus dirawat dan diperbaiki agar kulit jadi lebih sehat dan tampilan semakin cantik. Gimana menurut kalian? Coba sharing permasalahan kulit kalian dengan cara komen di bawah guysss!

 

Referensi kajian pustaka :

https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-mengembalikan-kelembapan-kulit-kering


Latest
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

0 komentar: