Rabu, 13 Mei 2020

LATHI : Bahas Tuntas Makna Lagu dari Weird Genius


Weird Genius kembali merilis Official Music Video yang kali ini berjudul “Lathi”. Di MV ini WG yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, menggandeng penyanyi dan rapper dari Surabaya, Sara Fajira. Menariknya, WG menggabungkan musik EDM dan modern English dengan sentuhan instrument budaya Jawa. Ditambah dengan menyisipkan lirik Jawa yang dinyanyikan secara sinden oleh Sara Fajira, membuat MV ini jadi makin epic.

Kali ini, Saya akan menginterpretasikan pendapat dan perasaan saya setelah menonton. Ini murni opini dan interpretasi saya mengenai MV tersebut, bisa jadi kalian punya opini yang sama, bisa juga tidak. Tapi sebelum itu, ada baiknya kalian tonton MV nya dulu, di bawah ini.



MV diawali dengan seorang wanita, yaitu Sara Fajira yang berdiri di tengah frame. Di sini penggambarannya seperti wanita yang kesepian dan sendirian. Berikutnya, ekspresi wajah wanita berubah menjadi tersenyum ketika kedatangan seorang pria. Di sini saya berasumsi bahwa pria tersebut adalah kekasihnya, juga ada bagian dimana saat pria terlihat mengatakan I love you kepada si wanita.


Namun, di scene-scene berikutnya, si wanita terlihat diikat dengan rantai. Rantai di sini menggambarkan bahwa wanita tersebut terikat. Mungkin kekasihnya terlalu posesif dan egois, sehingga si wanita merasa "dikekang". Bahkan ada scene di mana wanita tersebut terlihat berdarah dengan rantai yang mengikat di sekujur tubuhnya. Ini berarti, kesakitannya bertambah, yang tadinya dikekang kini berubah menjadi luka yang tak terhitung jumlahnya.

Lanjut, si wanita berubah menjadi orang yang dingin dan tak berperasaan. Terlihat dari dirinya yang berubah menjadi sosok hitam menyeramkan. Saya berasumsi bahwa ini adalah sisi buruk si wanita, yang keluar karena terus diperlakukan tidak baik. Juga ada efek seperti sengatan listrik di tubuhnya, menurut saya ini interpretasi dari “kekuatan” terpendam yang dimiliki si wanita, hingga ia bisa berubaha menjadi orang yang lebih kuat.

Kemudian di scene berikutnya pria kembali datang, tapi di sini berbeda, si wanita terlihat tidak tersenyum seperti di awal tadi. Si wanita justru terlihat tidak nyaman, dan melawan si pria. Terlihat dari si wanita ini mencekik leher si pria dengan kekuatan listriknya tadi.

Juga ada beberapa shoot adegan seperti kuda lumping dan wayang. Mulai dari kuda lumping, kuda lumping itu adalah gambaran dari semangat perlawanan, kekebalan, dan kekuatan magis. Juga wayang di sini, wayang adalah seperti boneka tradisional yang digerakan oleh dalang. Berarti bisa jadi WG ingin menggambarkan bahwa wayang itu adalah si wanita dan dalangnya adalah pria, di mana pria itu mengatur si wanita.

Berdasarkan lirik, seperti yang saya utarakan di atas, intinya sama yaitu mengenai love relationship yang penuh ego dan kebohongan. Ada salah satu lirik nya yaitu never wanted this kind of pain ,  berarti si wanita tidak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini. Juga turned my self so cold and hurtless, yang mengubah dirinya jadi orang yang dingin dan tak berperasaan.

Ada juga lirik dari Bahasa Jawa “Kowe ra iso ‘mlayu saka kesalahan, Ajining diri ono ing LATHI” yang artinya “Kamu gak bisa lari dari kesalahan, harga diri seseorang dinilai dari lidah (kata-katanya).” WG juga bilang bahwa lirik ini diambil dari the old Javanese proverb atau pepatah Jawa kuno : "Ajining soko lathi, ajining rogo soko busono".

Secara keseluruhan, saya kagum dengan MV garapan Weird Genius ini, karena mampu menggabungkan beberapa musik dan kebudayaan menjadi satu, yang mana itu sulit banget. Tapi, di sini WG bisa menunjukan kualitasnya dengan menampilkan MV yang gak hanya menyentuh, tapi juga mengalir dengan sangat natural. So Proud!!

Pada intinya, selama beberapa kali mengulang MV ini, yang saya tangkap bahwa WG ingin menyampaikan pesan “keberanian untuk melawan” yang harus dimiliki ketika kita sedang berada di situasi yang tidak nyaman, tidak baik, atau toxic relationship. Di mana racun-racun ini kalau didiemin justru bakal bikin diri kita merasa sakit.

Bagaimana pendapatmu tentang MV ini?


Previous Post
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

6 komentar:

  1. Cool. Keep up the good work ��

    BalasHapus
  2. Bagus lanjutkan 🀘🏾

    BalasHapus
  3. analisisnya oke juga,mirip2 sm cerita asli dari “lathi” itu sendiri. Btw emg deh WG keren bgt ngerancang konsep their song called lathiπŸ™„ proud bgt!
    Oiya,Semangat buat author.Keep it sisturr!πŸ™ŒπŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul emang keren konsep mereka yg out of the box itu. thanks sisturr

      Hapus