Senin, 17 Februari 2020

Konsisten Menabung Untuk Membeli Barang

Halo Semuanya. Menabung memang sulit banget nih buat dilakuin apalagi bagi kita yang gak bisa kontrol diri dan konsisten. Kamu merasa seperti itu gak sih? Nah kalau begitu pas banget kamu berada di sini. Di tips kali ini, Youth Creation mau berbagi tentang bagaimana sih caranya konsisten menabung untuk membeli suatu barang?


Seringkali kamu ingin membeli suatu barang, tapi sulit sekali untuk didapat. Karena sulit didapat, maka kamu harus berusaha. Sedari kecil, saya diajarkan untuk bisa mendapatkan sesuatu maka harus berusaha terlebih dahulu. Bagaimana cara kamu berusaha agar mendapatkan barang yang diinginkan? Apalagi kalau kamu seorang pelajar yang belum punya penghasilan. Ya salah satu caranya adalah dengan menabung. Tips ini gak cuma dipake sama pelajar doang loh, yang sudah bekerja juga boleh pakai tips ini. Langsung aja ya kita ke tipsnya.

1. Gunakan celengan

Kenapa gak nabung di bank aja? Untuk kamu yang pelajar mungkin ribet ya harus bikin rekening dulu, walaupun sekarang banyak bank yang menyediakan tabungan untuk pelajar. Namun, bagi saya menabung dengan celengan lebih terasa perjuannya, kamu bisa menimang nimang celengan itu setiap hari agar lebih semangat menabungnya. Kamu bisa pakai celengan tanah liat, plastik, ataupun kaleng. Semakin susah celengan untuk dibuka, maka lebih bagus. Kenapa? agar kamu malas untuk mencomot uangnya hehe. 

2. Namai celengan kamu sesuai barang yang ingin dibeli

Tulis tujuan kamu menabung di kertas, misal untuk membeli HP. Tulis "HP" kalau perlu gambar HP dengan kreasi kamu sendiri, buat semenarik mungkin. Setelah itu gunting dan tempelkan di celengan kamu. Gunanya untuk apa? agar kamu ingat terus tujuan kamu menabung.

3. Menghitung

Cari harga dari barang yang kamu mau dan hitung kemungkinannya. Misalnya kamu ingin membeli HP seharga 2.2 juta. Jika uang jajan kamu 20 ribu sehari, berapa uang yang mau kamu sishkan untuk menabung? Saya sarankan untuk kamu membawa bekal dan minum dari rumah agar uang jajan kamu bisa ditabung.

Misalnya kamu menabung sehari 10 ribu, maka sebulan kamu bisa mendapatkan 300 ribu. Untuk bisa membeli HP, kemungkinan kamu membutuhkan waktu  7 bulan atau lebih.

4. Menulis

Tulislah jumlah nominal uang yang setiap kamu masukan. Kenapa haru ditulis? Agar kamu bisa melihat jumlah nominal yang ada di celengan kamu. Karena tujuan kamu menabung untuk membeli barang, maka kamu harus terus mengkontrol nominal yang masuk ke celengan. Tips nya, hitung setiap bulan jumlah uang yang kamu masukan berapa. Cara ini agar kamu bisa mereview apa kamu konsisten untuk menabung setiap bulannya atau tidak.

Tulis juga manfaat jika membeli barang tersebut dan kenapa kamu sangat ingin membelinya. Kamu bisa melihat tulisan ini ketika kamu merasa ingin menyerah atau tidak konsisten.

5. Beri reward untuk dirimu

Setiap bulannya, beri hadiah kecil untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil menabung sebulan full tanpa bolong. Misalnya jika saya berhasil menabung sebulan full, maka saya akan membeli coklat silverqueen, atau makanan favorit lainnya. Hadiah kecil seperti ini bisa membuat kamu menghargai diri sendiri atas pencapaianmu. Bahwa kamu berhasil konsisten untuk menabung. Lainnya, agar kamu lebih semangat untuk menabung karena merasa telah berhasil dan mudah untuk dilakukan.


Nah teman teman, itu dia 5 tips menabung untuk membeli barang. Ketika merasa sudah tidak konsisten lagi, jangan lupa untuk melihat tujuan kamu membeli barang tersebut ya. Dengan begitu kamu bisa ingat dan menjadi lebih konsisten. Pada intinya, bagaimana kamu melakukan self control pada dirimu sendiri.

Share, jika kalian merasa artikel ini berguna, jangan lupa tinggalkan jejak di bawah. Saran kalian sangat berguna untuk blog ini menjadi lebik baik. Terima kasih telah membaca. 
Previous Post
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

0 komentar: