Selasa, 24 Maret 2020

KAMU BERHARGA. Hari TB Sedunia. Kata Positif untuk Penderita TB


Hari TB sedunia, di mana jatuh pada tanggal 24 Maret dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran global atau dunia tentang tuberkulosis.



Tuberkulosis, TB, TBC, atau kadang disebut flek adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB) bacteria. Kuman ini tak hanya menyerang paru-paru,tetapi juga bisa menyerang tulang, usus atau kelenjar.

Menurut data yang diambil dari who.int, setiap harinya ada lebih dari 4.000 orang di dunia yang meninggal akibat penyakit ini dan lebih dari 30.000 orang di dunia menderita penyakit ini setiap harinya. WHO mencatat sebanyak 1.500.000 orang di dunia meninggal disebabkan oleh TB pada tahun 2018.

Gejala dari penyakit ini sendiri biasanya berupa batuk lebih dari 3 minggu atau bahkan mengeluarkan darah, lemas, berat badan menurun, tak nafsu makan, demam, dan nyeri dada. Penyakit ini tidak hanya menyerang manula, anak2 dan remaja pun bisa tertular penyakit ini.

Lalu apa penyakit ini bisa sembuh? Jawabannya sangat bisa!. Penyakit ini bisa dilawan dengan rutin meminum obat yang telah dianjurkan oleh dokter. Dengan pengobatan yang disiplin, penderita TB bisa sembuh.

Pengobatan TB bisa berkisar 6 bulan. Apabila penderita resisten terhadap obat, butuh waktu hingga kurang lebih 2 tahun untuk bisa sembuh. Karena waktu pengobatan yang lama, penderita sering kali berhenti minum obat dan putus harapan. Oleh karena itu, peran kita semua untuk memberikan motivasi dan menjaga penderita agar selalu semangat dan rutin minum obat.

Stigma negatif masyarakat bisa membuat penderita merasa sedih dan terasingkan. Mitos seperti "Jangan berbagi makanan atau alat makan dengan penderita TB", ini salah besar ya. Bersalaman, berpelukan, berbagi makanan/minuman menggunakan toilet yang sama tidak akan membuat bakteri ini berpindah dan menular. Bakteri TB tidak bisa menempel pada pakaian maupun kulit, hanya bisa ditularkan melalui udara ketika pasien mengeluarkan dahak atau cairan dari mulutnya dan kemudian dihirup oleh orang lain. Itu sebabnya penderita harus memakai masker ketika berbicara atau kemanapun, dan menerapkan etika batuk yang benar.

Di hari TB ini, saya ingin menyalurkan kepedulian saya untuk penderita TB ataupun yang pernah menderita dengan berbagi kata kata positif dan penyemangat. Kamu pasti bisa sembuh!

1. 
Tuhan memberimu sakit untuk meningkatkan derajat dan menyempurnakan hidupmu
2. 
Saya yakin kamu tak mau menerima ini, tapi Tuhan lebih memilih memberikannya padamu. Itu berarti Tuhan yakin kamu kuat
3.
Tuhan menurunkan sakit, pasti ada obatnya
4.
Ketika kau berpikir lemah, maka kau akan lemah. Ketika kau berpikir kuat, maka kau akan kuat
5.
Kadang kamu merasa tak mampu, tapi Tuhan yakin kamu mampu
6.
Tidak usah merasa asing, kamu belum usang, kamu masih pantas
7.
Si hijau selalu menutupi sebagian wajahmu, kadang membuat tak nyaman. Namun kau tak mau menularkannya pada orang tersayang bukan? 
8.
Obat yang kau minum setiap hari selalu membuat mual. Ini proses kesembuhanmu. Proses kesembuhan hatimu juga. 
9.
Percayalah orang yang sungguh sayang padamu tak akan menjauhimu
10.
Keluarga selalu jadi tempat pulang paling baik. Jangan sungkan berbagi pada mereka
11.
Kamu harus percaya, Tuhan itu Maha Penyayang
12.
Tuhan menyayangimu, dengan rasa sakit itu, kamu akan lebih bersyukur atas nikmat sehat yang diberikanNya
13.
Diliputi rasa cemas itu pasti, terus kontrol hati dan pikiranmu
14.
Penyakit ini bukan aibmu, bukan kemauanmu, tapi prosesmu
15.
Karena hanya harapan yang mampu melihat titik cahaya. Diujung sana, kesembuhan menantimu. Jangan berhenti berharap
16.
Berjuang untuk sembuh terlihat sangat mulia di mata Tuhan
Previous Post
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

0 komentar: