Jumat, 13 Maret 2020

13 CARA MEMBUAT HIDUP LEBIH SIMPLE



Karena kamu membuka artikel ini, saya yakin bahwa kamu merasa hidup itu rumit. Bangun jam 5 pagi, alarm berbunyi berkali kali. Padahal kamu hanya ingin 5 menit saja untuk kembali terlelap, tapi hal itu harus dikalahkan mengingat absen kerjamu jam 8. Berjalan ke shower, mengambil handuk, mempersiapkan seragam, laptop, dan berangkat bekerja. Berusaha agar pekerjaanmu berjalan dengan baik dan selesai dengan cepat. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan teman walau pikiran sedang suntuk. Membayar ini itu, barang yang harus dibeli setiap bulan, belum lagi pengeluaran yang tak terduga.

Jika itu yang kamu rasakan dan ingin mendapat secercah solusi, maka kamu beruntung :D. Di sini, saya akan membagi beberapa tips yang bisa membuat hidupmu sedikit lebih sederhana. Tapi sebelum itu, saya ingin berbagai tentang hal yang baru saya sadari. Sederhana itu bukan berarti selalu mudah kan? Kamu bisa mendapatkan solusi dan menyederhanakan masalah, tapi untuk menyelesaikan masalah tersebut tidak selalu mudah. Maka dari itu, saya merangkum beberapa hal yang mungkin akan membuat hidup kamu terasa lebih sederhana. Check this out!



      1. Tersenyum 10 detik di pagi hari
Tidak peduli dengan suasana hatimu, hal ini sangat berguna untuk diterapkan. Senyumlah selama kurang lebih 10 detik, tidak usah lama lama. Maka kamu akan mendapat energy positif, dan lebih mudah menerima hal berat di siang hari. Karena tersenyum, membuatmu merasa bahwa semua akan baik-baik saja.

      2. Buat to do list

Sebelum tidur, tulis beberapa hal yang ingin kamu lakukan di esok hari. Tak perlu di buku jika kamu malas bangun dari kasur. Cukup ambil hp yang ada disebelahmu, buka note dan tulis di sana. Gunakan fitur checkbox untuk menulis point-pointnya. Hal ini berguna agar di esok hari, jika hal itu sudah kamu lakukan bisa langsung diceklis. Membuat to do list membantumu agar tidak lupa dengan hal yang ingin kamu lakukan, sekalipun hal kecil.
Kamu juga bisa membuat to do list di setiap bulannya. Di awal tahun baru, tulis satu sampai 3 hal yang menjadi goalsmu, dan itu bisa berupa kebiasaan baik yang ingin dimulai.


      3. Selalu sediakan air mineral di meja kerjamu
Kamu tentu sudah mengerti bahwa air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Tidak sedikit orang malas minum air putih terlebih sedang di dalam ruangan dingin, dan merasa tidak haus. Tubuh akan mengalami dehidrasi jika pasokan air di dalam tubuh minim. Akibatnya, sel sel otak menjadi tidak aktif, ini akan menghambat kerjamu. Maka itu, bawalah botol minum kemanapun kamu pergi dan jangan lupa juga sediakan di meja kerjamu.



      4. Siapkan kit untuk berpergian
Ada baiknya untuk kamu mempunyai travel pouch untuk berpergian. Siapkan perlengkapan mini, terlebih jika kamu suka berpergian dan menginap. Kamu pasti repot jika harus mendadak pergi atau kesiangan bangun, padahal kamu belum menyiapkan perlengkapan. Makah hal ini bisa diterpakan. Taruh semacam shampoo sachet, sikat gigi lipat, handuk kecil dan lainnya.

      5. Gunakan aturan 50|30|20
Aturan anggaran 50|30|20 dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dalam bukunya “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Aturan dasar tersebut bertujuan untuk menghabiskan pendapatan/pemasukan kamu dengan cara 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk berhemat atau ditabung.

      6. Rapihkan lemari pakaian
Sangat menyebalkan jika membuka lemari dan sulit menemukan baju yang diinginkan karena isinya yang terlalu banyak dan berantakan. Pilih baju yang cukup membuatmu nyaman dan cocok dipakai berbagai acara. Singkirkan baju yang dirasa jaarang atau bahkan tak pernah kamu pakai.  Dengan begitu stress mencari baju tidak lagi jadi alasan. Ingat, nyaman adalah nomor satu.

7. Dengarkan lagu dan podcasts kesukaan
Singkirkan sebentar pekerjaanmu, dan dengarkan lagu kesukaanmu. Hal ini bisa merefresh otak setelah berkutik dengan pekerjaan yang tiada hentinya. Namun segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan? Tetap bijak dalam mengatur waktu kapan kamu harus kembali bekerja dan melepas handsfreemu.

      8. Telepon orang tersayang
Walaupun sebentar, tapi sangat berarti. Kamu mungkin sudah lama tidak menelepon sahabatmu walau hanya sekedar menanyakan kabar. Pergunakan waktumu seperti sedang di bus atau kereta. Sambil menunggu pemberhentian, kamu bisa video call atau voice call dengan sahabat, orang tua, atau siapa pun. Hal ini bisa menjaga hubunganmu tetap baik dengan orang tersayang. Pakai handsfree agar orang disekitarmu tak terganggu. Namun, tetap waspada pergunakan handphone di tempat umum ya.

      9. Jangan lewatkan makan siang
Tinggalkan pekerjaanmu, keluar dan makan sianglah. Terkadang karena asyik bekerja sampai membuatmu lupa untuk makan siang, bahkan mengabaikannya. Mungkin kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai, tapi ingat perut yang kosong akan mengambat otakmu untuk bekerja.

10. Rapihkan file explorer laptop
Mencari dokumen terasa cukup memakan waktu jika kamu lupa lokasi dokumen tersebut. Jika ada waktu luang, tak ada salahnya untuk membuka laptop dan memfolderkan file-file yang dirasa satu kategori. Hapus file lama yang tidak perlu, bersihkan recycle bin. Tak hanya mempermudah mencari dokumen, hal ini juga bisa membuat matamu lebih nyaman melihat layar laptop.

11. Kumpulkan website dan channel yang membantumu
Sesuaikan dengan kebutuhan dan pekerjaanmu. Ketika kesulitan, cukup membuka web tersebut dan temukan apa yang ingin kamu cari. Menghemat waktu karena kamu tak perlu scroll sana sini untuk menemukan yang ingin kamu cari. Berlaku juga untuk channel youtube, biasanya banyak channel youtube tutorial atau motivasi yang bisa menginspirasi kamu. Cobalah lebih banyak browsing yang bermanfaat.

12. Maksimalkan google drive
Google drive sangat berguna dan mempermudah kamu loh. Perusahaana google sudah menyiapkan 15 GB free penyimpanan yang bisa kamu pakai. Kamu bisa membuat google formulir, berkolaborasi dengan orang lain,bagikan dokumen, file serta buat spreadsheet dan presentasi dengan cepat menggunakan fitur yang di sediakan google. Kamu juga bisa sinkronkan data seperti kontak yang ada di hpmu untuk disimpan ke alamat googlemu. Maka ketika kamu mempunyai hp yang berbeda, cukup login akun gmail, otomatis kontak di hp barumu sudah terpenuhi dengan nomor-nomor yg ada di hp lama, karena kamu memilih penyimpanan kontak ke gmail. Masih banyak manfaat lain dari google drive yang bisa mempermudah pekerjaanmu loh.

      13. Tetap santai dan tenang
Begitu banyak diantara kita ingin tereburu-buru menjalani hidup dengan mencoba menyelesaikan sejuta hal sekaligus. Berusaha berbuat ini itu sebanyak mungkin, mendengarkan infromasi dari sana sini sampai lupa bahwa manusia punya rasa lelah. Luangkan waktumu untuk mengevaluasi apa yang sebenarnya kamu cari. Menata ulang rencana yang tak berjalan baik. Kamu bisa lampaui batas, tapi tetap santai dan tenang.


Manusia Punya masing-masing porsi dalam hidupnya. Tetap santai dan tenang.
Share, jika kalian merasa artikel ini berguna, jangan lupa tinggalkan jejak di bawah. Saran kalian sangat berguna untuk blog ini menjadi lebik baik. Terima kasih telah membaca. 
Previous Post
Next Post

Si bungsu dari 3 bersaudara. Semua yang ditulis di sini berdasarkan pengalaman pribadi dan opini. Setuju atau tidak, it's your choice. Happy reading! :D

0 komentar: