Karena kamu membuka artikel ini, saya yakin bahwa kamu merasa hidup itu rumit. Bangun jam 5 pagi, alarm berbunyi berkali kali. Padahal kamu hanya ingin 5 menit saja untuk kembali terlelap, tapi hal itu harus dikalahkan mengingat absen kerjamu jam 8. Berjalan ke shower, mengambil handuk, mempersiapkan seragam, laptop, dan berangkat bekerja. Berusaha agar pekerjaanmu berjalan dengan baik dan selesai dengan cepat. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan teman walau pikiran sedang suntuk. Membayar ini itu, barang yang harus dibeli setiap bulan, belum lagi pengeluaran yang tak terduga.
Jika itu yang kamu rasakan dan ingin mendapat secercah solusi,
maka kamu beruntung :D. Di sini, saya akan membagi beberapa tips yang bisa
membuat hidupmu sedikit lebih sederhana. Tapi sebelum itu, saya ingin berbagai
tentang hal yang baru saya sadari. Sederhana itu bukan berarti selalu mudah
kan? Kamu bisa mendapatkan solusi dan menyederhanakan masalah, tapi untuk menyelesaikan
masalah tersebut tidak selalu mudah. Maka dari itu, saya merangkum beberapa hal
yang mungkin akan membuat hidup kamu terasa lebih sederhana. Check this out!
1. Tersenyum 10 detik di pagi hari
Tidak peduli dengan suasana hatimu, hal ini
sangat berguna untuk diterapkan. Senyumlah selama kurang lebih 10 detik, tidak
usah lama lama. Maka kamu akan mendapat energy positif, dan lebih mudah
menerima hal berat di siang hari. Karena tersenyum, membuatmu merasa bahwa
semua akan baik-baik saja.
2. Buat to do list
Sebelum tidur, tulis beberapa hal yang ingin
kamu lakukan di esok hari. Tak perlu di buku jika kamu malas bangun dari kasur.
Cukup ambil hp yang ada disebelahmu, buka note dan tulis di sana. Gunakan fitur
checkbox untuk menulis point-pointnya. Hal ini berguna agar di esok hari, jika
hal itu sudah kamu lakukan bisa langsung diceklis. Membuat to do list
membantumu agar tidak lupa dengan hal yang ingin kamu lakukan, sekalipun hal
kecil.
Kamu juga bisa membuat to do list di setiap
bulannya. Di awal tahun baru, tulis satu sampai 3 hal yang menjadi goalsmu, dan
itu bisa berupa kebiasaan baik yang ingin dimulai.
3. Selalu sediakan air mineral di meja kerjamu
Kamu tentu sudah mengerti bahwa air adalah
komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Tidak sedikit orang malas minum air
putih terlebih sedang di dalam ruangan dingin, dan merasa tidak haus. Tubuh
akan mengalami dehidrasi jika pasokan air di dalam tubuh minim. Akibatnya, sel
sel otak menjadi tidak aktif, ini akan menghambat kerjamu. Maka itu, bawalah
botol minum kemanapun kamu pergi dan jangan lupa juga sediakan di meja kerjamu.
4. Siapkan kit untuk berpergian
Ada baiknya untuk kamu mempunyai travel pouch
untuk berpergian. Siapkan perlengkapan mini, terlebih jika kamu suka berpergian
dan menginap. Kamu pasti repot jika harus mendadak pergi atau kesiangan bangun,
padahal kamu belum menyiapkan perlengkapan. Makah hal ini bisa diterpakan.
Taruh semacam shampoo sachet, sikat gigi lipat, handuk kecil dan lainnya.
5. Gunakan aturan 50|30|20
Aturan anggaran 50|30|20 dipopulerkan oleh
Senator Elizabeth Warren dalam bukunya “All
Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Aturan dasar tersebut
bertujuan untuk menghabiskan pendapatan/pemasukan kamu dengan cara 50% untuk
kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk berhemat atau ditabung.
6. Rapihkan lemari pakaian
Sangat menyebalkan jika membuka lemari dan
sulit menemukan baju yang diinginkan karena isinya yang terlalu banyak dan
berantakan. Pilih baju yang cukup membuatmu nyaman dan cocok dipakai berbagai
acara. Singkirkan baju yang dirasa jaarang atau bahkan tak pernah kamu pakai. Dengan begitu stress mencari baju tidak lagi
jadi alasan. Ingat, nyaman adalah nomor satu.
7. Dengarkan lagu dan podcasts kesukaan
Singkirkan sebentar pekerjaanmu, dan dengarkan
lagu kesukaanmu. Hal ini bisa merefresh otak setelah berkutik dengan pekerjaan
yang tiada hentinya. Namun segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, bukan?
Tetap bijak dalam mengatur waktu kapan kamu harus kembali bekerja dan melepas
handsfreemu.
8. Telepon orang tersayang
Walaupun sebentar, tapi sangat berarti. Kamu
mungkin sudah lama tidak menelepon sahabatmu walau hanya sekedar menanyakan
kabar. Pergunakan waktumu seperti sedang di bus atau kereta. Sambil menunggu
pemberhentian, kamu bisa video call atau voice call dengan sahabat, orang tua,
atau siapa pun. Hal ini bisa menjaga hubunganmu tetap baik dengan orang
tersayang. Pakai handsfree agar orang disekitarmu tak terganggu. Namun, tetap
waspada pergunakan handphone di tempat umum ya.
9. Jangan lewatkan makan siang
Tinggalkan pekerjaanmu, keluar dan makan
sianglah. Terkadang karena asyik bekerja sampai membuatmu lupa untuk makan
siang, bahkan mengabaikannya. Mungkin kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai,
tapi ingat perut yang kosong akan mengambat otakmu untuk bekerja.
10. Rapihkan file explorer laptop
Mencari dokumen terasa cukup memakan waktu
jika kamu lupa lokasi dokumen tersebut. Jika ada waktu luang, tak ada salahnya
untuk membuka laptop dan memfolderkan file-file yang dirasa satu kategori.
Hapus file lama yang tidak perlu, bersihkan recycle bin. Tak hanya mempermudah
mencari dokumen, hal ini juga bisa membuat matamu lebih nyaman melihat layar
laptop.
11. Kumpulkan website dan channel yang membantumu
Sesuaikan dengan kebutuhan dan pekerjaanmu.
Ketika kesulitan, cukup membuka web tersebut dan temukan apa yang ingin kamu
cari. Menghemat waktu karena kamu tak perlu scroll sana sini untuk menemukan
yang ingin kamu cari. Berlaku juga untuk channel youtube, biasanya banyak channel
youtube tutorial atau motivasi yang bisa menginspirasi kamu. Cobalah lebih
banyak browsing yang bermanfaat.
12. Maksimalkan google drive
Google drive sangat berguna dan mempermudah
kamu loh. Perusahaana google sudah menyiapkan 15 GB free penyimpanan yang bisa
kamu pakai. Kamu bisa membuat google formulir, berkolaborasi dengan orang
lain,bagikan dokumen, file serta buat spreadsheet dan presentasi dengan cepat
menggunakan fitur yang di sediakan google. Kamu juga bisa sinkronkan data
seperti kontak yang ada di hpmu untuk disimpan ke alamat googlemu. Maka ketika
kamu mempunyai hp yang berbeda, cukup login akun gmail, otomatis kontak di hp
barumu sudah terpenuhi dengan nomor-nomor yg ada di hp lama, karena kamu
memilih penyimpanan kontak ke gmail. Masih banyak manfaat lain dari google
drive yang bisa mempermudah pekerjaanmu loh.
13. Tetap santai dan tenang
Begitu banyak diantara kita ingin
tereburu-buru menjalani hidup dengan mencoba menyelesaikan sejuta hal
sekaligus. Berusaha berbuat ini itu sebanyak mungkin, mendengarkan infromasi
dari sana sini sampai lupa bahwa manusia punya rasa lelah. Luangkan waktumu
untuk mengevaluasi apa yang sebenarnya kamu cari. Menata ulang rencana yang tak
berjalan baik. Kamu bisa lampaui batas, tapi tetap santai dan tenang.
Manusia Punya masing-masing porsi dalam hidupnya. Tetap santai dan tenang.Share, jika kalian merasa artikel ini berguna, jangan lupa tinggalkan jejak di bawah. Saran kalian sangat berguna untuk blog ini menjadi lebik baik. Terima kasih telah membaca.
0 komentar: